Inovasi baru dari Sanan, Keripik Tempe Sagu bikin konsumen ketagihan

keripik tempe sagu sanan

Keripik Tempe Sagu dari Kampung Sanan

Ketatnya persaingan bisnis di zaman teknologi membuat perajin tempe di Sanan harus memutar otak. Berbagai kreasi olahan tempe mulai dari keripik tempe, sambal goreng tempe bahkan sampai brownis tempe. Kini produsen keripik tempe Sanan berinovasi dengan membuat keripik tempe sagu khas Malang. Yang terbuat dari olahan kedelai yang dicampur dengan tepung sagu. Hasil tempe sagu warnanya lebih putih dan padat dari tempe biasa. Untuk pembuatan keripik tempe sagu hampir sama dengan pembuatan keripik tempe biasanya. “Kalau keripik tempe biasa memakai tepung yang diencerkan, tapi untuk keripik tempe sagu hanya menggunakan air dan bumbu, “ ujar Bpk. Arif Sofyan Hadi selaku ketua paguyuban keripik tempe Sanan.

Di Kota Malang sendiri sekarang memang sedang gencar menonjolkan kampungnya masing-masing. Kampung Sanan yang berada di kawasan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing yang sudah punya unggulan produk tempe ini tidak mau ketinggalan. Dari berbagai acara diikuti untuk mengenalkan Kampung Tempe ini. Seperti dalam acara Malang City Expo dan Rakernas Apeksi bulan juli 2017 yang lalu. Dalam kesempatan itu Kampung Sanan memperkenalkan berbagai macam olahan tempe. Selama 4 hari acara berlangsung, keripik tempe sagu menjadi buruan pengunjung yang datang, terutama para mereka yang datang dari luar daerah dan luar pulau di Indonesia

Keripik tempe sagu memang belum dikenal banyak masyarakat. Karena produksinya yang belum menyeluruh di semua produsen. Produsen mengaku masih memilih membuat keripik tempe biasa dibanding yang sagu. Harga tepung sagu yang lebih mahal dari tepung tapioka membuat sebagian produsen belum berani mencoba. Padahal untuk penjualan, minat konsumen terhadap keripik tempe sagu sudah bagus. Walaupun menurut Bpk. Arif Samsul Hadi untuk permintaan memang masih lebih banyak keripik tempe biasa. Tidak ada salahnya kalau semua produsen bisa mencoba membuat. Selain membutuhkan tambahan modal tapi sebanding dengan harganya yang lebih mahal. Supaya konsumen yang mulai bosan tidak memilih camilan lain.

keripik tempe sagu malang

keripik tempe sagu sanan

Nah, mungkin Anda penasaran ingin melihat dan menikmati keripik tempe sagu khas Malang dari Kampung Sanan. Silahkan datang langsung ke Sentra Industri Tempe & Keripik Tempe Sanan. Anda bisa mendapatkan langsung dari produsen di Sanan.

Save

Save

Save

1 Comment

  1. Selamat Malam Bpk/ Ibu, Saya Andrian dari univeristas Bunda Mulia Jakarta (prodi desain komunikasi visual), jika berkenan, bolehkah saya izin untuk melakukan wawancara, dengan umkm daerah kampung sanan menegnai kripik tempe oleh oleh khas sanan, sebagai tujuan dari skripsi saya yang mengangkat tema desain dan packaging kripik oleh oleh khas sanan.

    Saya dengan senang hati bisa mendapat balasan dari bapak/ ibu, untuk ikut sertanya saya dalam mengangkat oleh oleh keripik khas Sanan ini, demikian atas perhatianya terim kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*